Kamis, Januari 31, 2013

Kamis, Januari 31, 2013

Komputer berbunyi Tiiit.. Tiiit.. Panjang / pendek dan berulang ulang

Permasalahan : Komputer yang anda nyalakan berbunyi Tiiitt... Tiiitt.. Panjang / Pendek dan berulang-ulang, serta ada tanda kehidupan dari PC / Komputer tapi monitor tetap gelap.

Solusi : hmmm.. mungkin ini masalah dan solusinya hampir sama dengan postingan saya Fan, Harddisk Terdengar Putarannya, namun Layar Monitor Tetap Gelap.

Sebenarnya solusinya pun hampir sama. Bunyi tiiitt tiiitt itu kemungkinan besar berasal dari RAM anda atau VGA card anda (Bagi yang menggunakan VGA External).

Langkah Pertama : Coba anda buka PC / Komputer anda, lalu anda copot RAM / Memory anda.    

Gambar Tempat RAM biasanya bersemanyam
Langkah Kedua : Setelah itu seperti pada postingan saya Fan, Harddisk Terdengar Putarannya, namun Layar Monitor Tetap Gelap. bersihkan RAM dengan kuas, lalu bersihkan juga bagian bawah / kaki RAM / rel kuningan pada RAM. Bersihkan dengan penghapus karet (seperti sedang menghapus tulisan). Setelah itu bersihkan dengan tisu. Bersihkan juga slot RAM tempat RAM bernaung di motherboard dengan kuas. Setelah selesai, kembalikan RAM seperti semula (INGAT LIHAT BAIK-BAIK KAKI RAM DENGAN SLOT NYA. APABILA TERBALIK MEMASANGNYA BISA FATAL AKIBATNYA)

Gambar RAM
Langkah Ketiga : Bila masih bermasalah, coba anda lakukan hal yang sama dengan VGA Card (bagi yang menggunakan VGA External)
Gambar VGA AGP
Langkah Keempat : bila tetap saja bermasalah, kemungkinan RAM anda lah yang bermasalah. Coba anda replace RAM anda dengan yang baru atau 2nd (yang penting sudah di tes menyala di PC lain). Catatan : ingat jenis RAM harus sama dengan RAM anda, misal RAM DDR tidak bisa di replace dengan RAM DDR2 atau DDR3. Karena kaki RAM dan slot yang ada pada Motherboard berbeda-beda di setiap tipe/jenis. Jadi pastikan dulu jenis RAM anda (biasanya jenis RAM ada di label RAM itu )

Perbedaan RAM DDR2 dengan DDR3
Langkah Kelima : Bila hal-hal diatas masih tetap tidak mempan, ganti juga VGA card (bagi yang memakai VGA External) anda untuk menjaga kemungkinan VGA card anda yang bermasalah. Ingat VGA Card pun berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.
VGA AGP
VGA PCI EXPRESS
Coba anda lihat terlebih dahulu slot VGA yang di motherboard. Jangan sampai salah karena kalau salah dan dipaksa akan benar-benar fatal bisa jadi VGA anda atau motherbord anda lah yang benar-benar bermasalah nantinya.

Langkah Keenam : jika tetap saja bermasalah... hmmmm.. anda perlu dokter PC terdekat.. hehehe

Have a nice try.. dan semoga bermanfaat...


Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah, centang salah satu di kotak komentar anda atau tulis komentar di kotak di bawah.
Komentar anda akan sangat memberi masukan untuk blog saya agar jadi lebih baik lagi  

1 komentar:

  1. Catatan Teknisi, Tips Komputer Dan Lainnya: Komputer Berbunyi Tiiit.. Tiiit.. Panjang / Pendek Dan Berulang Ulang >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Catatan Teknisi, Tips Komputer Dan Lainnya: Komputer Berbunyi Tiiit.. Tiiit.. Panjang / Pendek Dan Berulang Ulang >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Catatan Teknisi, Tips Komputer Dan Lainnya: Komputer Berbunyi Tiiit.. Tiiit.. Panjang / Pendek Dan Berulang Ulang >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK UT

    BalasHapus

Search

Catatan Yang Dibuka

Catatan Terpopuler

If you like it, Join this blog Please..