Rabu, Januari 30, 2013

Rabu, Januari 30, 2013

Multiple intelligence



Seperti yang kita semua tau bahwa manusia selalu dikaitkan dengan kecerdasan. karena memang karena itulah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Nah, sekarang saya mau berbagi kepada para pembaca semua bahwa kecerdasan manusia itu dibagi (menurut paklek Prof. Howard Gardener) menjadi 8 jenis. ini adalah pembagian secara global. jadi, termasuk di bagian mana kecerdasan anda ?  Please check this out 


1. KECERDASAN LINGUISTIK

Kemampuan untuk mengutarakan kata-kata secara efektif baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini mencakup kepekaan terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme, dan intonasi kata yang diucapkan. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi.

Ciri-cirinya :
  • senang bermain dengan kata-kata, senang dengan puisi, senang mendengarkan cerita
  • membaca apa saja, buku, majalah, koran, bahkan label produk
  • merasa mudah mengekspresikan diri baik secara lisan maupun tulisan
  • suka membumbui percakapan anda dengan hal-hal yang baru saja anda pelajari
  • suka dengan teka-teki silang, puzzle atau scrable
  • memiliki perbendaharaan kata yang sangat baik sehingga kadang orang meminta penjelasan terhadap kata-kata yang anda gunakan, mampu menyusun kata-kata yang tepat dengan situasi saat itu
  • lebih menyukai pelajaran seperti bahasa (indonesia, inggris dll) dan ilmu sosial.
  • suka dengan perdebatan secara lisan yang mengarah pada sesuatu yang jelas
  • berpikir dengan mengucapkan apa yang anda pikirkan, menyelesaikan masalah dengan berbicara, mengajukan solusi dan pertanyaan
  • sangat mudah mengingat kata-kata


2. KECERDASAN LOGIC MATEMATIK

Kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi/jalan keluar dengan urutan yang logis (masuk akal). ia  suka angka, urutan, logika dan keteraturan. ia mengerti pola hubungan, ia mampu melakkan proses berpikir secara deduktif, maupun induktif. Proses berpikir deduktif artinya cara berpikir dari hal-hal yang besar kepada hal-hal yang kecil. sedangkan induktif adalah cara berpikir dari hal-hal yang kecil kepada hal-hal yang besar.

Ciri-cirinya :
  • senang dengan pekerjaan yang berhubungan dengan angka, penghitungan mental (mencongak)
  • suka dengan kemajuan teknologi dan suka melakukan percobaan untuk melihat cara kerja suatu hal
  • mudah melakukan perencanaan keuangan. anda menetapkan target dalam angka dalam bisnis atau hidup anda
  • senang menyiapkan jadwal perjalanan secara terperinci
  • senang dengan permainan yang membutuhkan kemampuan berpikir logis seperti puzzle, catur
  • cenderung mengetahui kesalahan logika tentang apa yang orang katakan atau lakukan
  • matematika dan fisika adalah sebagian dari pelajaran yang anda sukai
  • dapat menemukan contoh khusus untuk mendukung suatu pandangan umum dan senang menganalisis situasi dan argumentasi
  • senang melakukan pendekatan sistematis, step by step dalam memecahkan suatu masalah
  • merasa perlu untuk menggolongkan, mengelompokkan atau menghitung untuk bisa menghargai hubungan antara suatu hal dengan hal lainnya.


3. KECERDASAN VISUAL DAN SPASIAL

Kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara cermat dan akurat. visual = gambar, spasial = hal-hal yang berkenaan dengan tempat atau ruang. Kecerdasan ini menyangkut kesadaran akan warna, bentuk, garis, ruang, ukuran dan juga hubungan diantara elemen-elemen tersebut. Kecerdasan ini juga mencakup kemampuan untuk melihat objek dari beberapa sudut pandang.

Ciri-cirinya :
  • menyukai seni, menikmati lukisan dan patung, cita rasa yang baik akan warna
  • cenderung menyukai pencatatan secara visual dengan menggunakan kamera atau handycam
  • bisa menulis dengan cepat saat anda mencatat atau berpikir mengenai sesuatu
  • mudah membaca peta dan melakukan navigasi, memiliki kemampuan mengerti arah dengan baik
  • senang membongkar sesuatu dan memasang kembali dengan baik
  • cenderung menyukai pelajaran seperti ilmu ukur ruang
  • sering menjelaskan tentang apa yang ada di pikiran anda dengan menggunakan diagram atau gambar
  • dapat melihat suatu hal dari beberapa sudut pandang
  • suka membaca bahan bacaan yang dilengkapi dengan banyak gambar


4. KECERDASAN MUSIK

kemampuan untuk menikmati, mangamati, membedakan, mengarang, membentuk, dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi, dan timbre dari musik yang didengar. Musik mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan kemampuan ilmu matematika dan sains dalam diri seseorang.

telah diteliti di 17 negara terhadap kemempuan anak didik berusia 14 tahun dalam bidang sains. Dalam penelitian itu, ditemukan bahwa anak di negara Belanda, jepang dan Hongaria mempunyai prestasi tertinggi di dunia. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata ketiga negara ini memasukkan unsur musik di dalam kurikulum pendidikan mereka. Musik dapat menciptakan suasana yang rileks namun waspada. Belajar dengan menggunakan musik yang tepat dapat membantu daya ingat seseorang.

Ciri-cirinya :
  • senang memainkan alat musik
  • dapat menyanyi sesuai dengan tinggi rendahnya nada
  • dapat mengingat sebuah irama hanya dengan mendengarkan beberapa kali saja
  • sangat tergantung dengan musik, bahkan 1 hari tanpa musik akan terasa mengganjal
  • tanpa sadar mengetukkan jari anda mengikuti irama dari musik yang anda dengarkan
  • dapat membedakan berbagai macam suara alat musik dengan cermat
  • tidak dapat hidup tanpa musik, anda menemukan bahwa musik membangkitkan suatu emosi dan kenangan atau gambaran saat anda mendengarkan musik itu
  • anda suka menggunakan irama untuk mengingat sesuatu


5. KECERDASAN INTERPERSONAL

Kemampuan untuk memahami dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Peka terhadap ekspresi wajah, gerakan tubuh orang lain dan ia mampu memberikan respon efektif dalam berkomunikasi. Kecerdasan ini juga cenderung mampu untuk masuk ke dalam diri orang lain, mengerti sudut pandang dan dunia orang lain, dan umumnya pandai untuk memimpin kelompok.

Ciri-cirinya :
  • anda senang bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok atau komite
  • lebih suka belajar kelompok daripadi belajar sendiri
  • orang seringkali datang kepada anda untuk meminta nasihat. anda adalah orang yang penuh simpati
  • lebih suka team sport seperti sepak bola, basket, voli daripada individual sport seperti renang dan lari
  • menyukai permainan yang melibatkan orang lain seperti bridge
  • suka berkumpul dengan orang lain
  • mempunyai beberapa kawan yang sangat dekat
  • depat berkomunikasi dengan baik dan dapat membantu menyelesaikan petikaian
  • tidak segan-segan untuk mengambil kepemimpinan, menunjukan pada orang lain bagaimana melakukan seuatu dengan baik
  • lebih suka memecahkan suatu masalah dengan orang lain daripada harus memikirkan dan memecahkan masalah sendiri


6. KECERDASAN INTRAPERSONAL

Kemampuan untuk mengenali diri sendiri, yang berkaitan dengan kesadaran dan pengetahuan akan diri sendiri. Dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi diri dan mendisiplinkan dirinya sendiri. Orang-orang ini biasanya sangat menghargai nilai-nilai moral, aturan-aturan, etika, dan sopan santun.

Ciri-cirinya :
  • biasanya memiliki buku harian untuk mencatat pikiran anda yang sangat dalam dan pribadi
  • sering menyendiri untuk memikirkan dan memecahkan masalah sendiri
  • selalu menetapkan tujuan anda
  • seorang pemikir independen (mandiri). anda tahu pikiran anda dan memutuskan sendiri keputusan anda
  • mempunyai hobi atau kesenangan yang bersifat pribadi dan tidak banyak anda bagikan kepada orang lain
  • suka memancing dan memanjat gunung seorang diri. senang dengan kesendirian
  • ide anda untuk berlibur lebih ke bepergian ke puncak gunung atau kembali ke alam daripada hotel bintang lima
  • mempunyai pandangan yang realistis mengenai kekuatan dan kelemahan anda
  • tertarik untuk mengikuti seminar pengembangan diri
  • senang bekerja untuk diri anda sendiri atau telah dengan sangat serius mengembangkan usaha sendiri


7. KECERDASAN KINESTETIK

Kemampuan untuk menggunakan tubuh kita untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan. Kecerdasan ini juga meliputi keterampilan fisik dalam bidang koordinasi, keseimbangan, daya tahan, kekuatan, kelenturan dan kecepatan

Ciri-cirinya :
  • gemar berolah raga atau melakukan kegiatan fisik
  • cakap dalam melakukan sesuatu seorang diri
  • senang memikirkan persoalan sambil aktif dalam kegiatan fisik seperti berjalan atau lari
  • sangat suka dengan permainan yang menantang atau mengerikan seperti jet coaster
  • suka menangani sesuatu secara fisik, suka memegang atau mencoba sesuatu agar benar-benar mengerti
  • pelajaran yang disukai cenderung ke olahraga
  • menggunakan gerakan tangan atau bahasa tubuh untuk mengekspresikan diri
  • menyukai permainan yang melibatkan fisik dengan anak-anak
  • lebih suka belajar hal hal baru dengan mempraktekkannya daripada sekedar membaca manual atau teori


8. KECERDASAN NATURALIS

Kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori tentang apa yang dijumpai di alam maupun lingkungan. Intinya adalah kemampuan manusia untuk mengenali tanaman, hewan dan bagian lain dari alam semesta.

Ciri-cirinya :
  • senang memelihara atau menyukai hewan
  • dapat mengenali dan membedakan nama berbagai jenis pohon, bunga dan tanaman
  • tertarik dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bagaimana tubuh bekerja dimana letak organ tubuh yang penting dan mengerti tentang kesehatan
  • biasanya bisa atau peka dalam membaca cuaca
  • anda dapat membayangkan diri anda sebagai seorang petani atau mungkin anda suka memancing
  • suka berkebun dan mengenal efek dari pergantian musim
  • mengerti dan tertarik dengan topik lingkungan global
  • mengikuti perkembangan astronomi, mengerti asal muasal terjadinya alam semesta
  • Nah, dari hal hal yang telah disebutkan diatas, seharusnya hal hal tersebut bisa dijadikan senjata ampuh untuk merubah wajah pendidikan di Indonesia. Selama ini para siswa yang belajar di sekolah biasanya hanya diberikan materi materi yang bersifat akademik dan selalu mengabaikan pendidikan non akademik. padahal kita semua tahu bahwa yang sangat dibutuhkan di dunia kerja itu 80% soft skill dan 20% nya baru pendidikan akademik.


siswa pun diwajibkan harus menguasai semua mata pelajaran yang diajarkan disekolah. padahal perbandingannya seperti ini : bagaimana mungkin guru geografi disuruh mengerjakan soal guru biologi ?
padahal para siswa pun memiliki bidang yang mereka sukai dan lebih dikuasai.

dan lebih parahnya lagi menurut saya,

para siswa disuruh mempelajari mata pelajaran yang mereka lemah atau kurang dikuasai hanya untuk mengejar nilai kelulusan Ujian Nasional. serta mengesampingkan bidang yang justru mereka berbakat didalamnya.

Menurut saya jika memang ingin membangun kemajuan suatu negara, kita harus bangun dulu kualitas sumber daya manusianya. melalui apa ?  ya… apa lagi kalau bukan pendidikan….

Kecerdasan setiap manusia berbeda-beda. minatnya pun berbeda-beda, mengarahkan mereka untuk menguasai dan mendalami satu bidang / mata pelajaran yang sangat mereka sukai hingga menjadi prestasi yang real, menurut saya jauh lebih bijaksana daripada menyuruh mereka menguasai semua bidang / mata pelajaran namun mereka hanya bisa pas-pas an saja..

ini hanya untuk sekedar sharing saja tentang pemikiran saya…
semoga bermanfaat bagi para pembaca 


Silahkan tinggalkan komentar anda dibawah, centang salah satu di kotak komentar anda atau tulis komentar di kotak di bawah.
Komentar anda akan sangat memberi masukan untuk blog saya agar jadi lebih baik lagi 

0 Komentar:

Search

Catatan Yang Dibuka

Catatan Terpopuler

If you like it, Join this blog Please..